Sabtu, 20 Februari 2016

T.E.U.A.S

“UPI ada elektronya yah?” begitulah kira-kira pertanyaan yang sering dilontarkan masyarakat ketika saya bilang dari elektro upi. Kemudian saya jawab kembali, upi memiliki program studi elektro berjenjang D3 dan S1, untuk S1 ada yang pendidikan dan non pendidikan (murni). Pendidikan Teknik Elektro sudah lama dibuka, nah yang non pendidikannya ini baru dibuka untuk reguler tahun 2008. Seperti yang pernah diceritakan Pak Tasma saat makrab 2015 yang lalu, bahwa S1 Teknik Elektro UPI ini sebenarnya sudah dibuka tahun 2006, namun hanya untuk kalangan professional, untuk kelas karyawan yang ingin melanjutkan ke jenjang S1. Dua tahun kemudian barulah Teknik Elektro UPI dibuka untuk kelas reguler.

Generasi awal sering mengatakan “prodi hebat itu karena ikatan alumninya yang kuat”. Atas tujuan inilah Prodi S1 Teknik Elektro UPI setiap tahun mengadakan kegiatan MAKRAB (Malam Keakraban). Makrab ini pertama kali dilaksanakan tahun 2012, dan angkatan 2010 sebagai panitia. 2008, 2009, 2011, sebagai peserta Makrab. Makrab yang pertama ini dilaksanakan siang hingga sore hari di auditorium FPTK UPI. Panitia makrab bergilir ke angkatan selanjutnya. Makrab-makrab berikutnya dilaksanakan malam hari sesuai dengan namanya, Malam Keakraban, tempatnya pun berpindah-pindah sesuai dengan kesepakatan panitia yang menyelenggarakannya. Makrab ini menjadi ajang silaturahim antar angkatan, dan mengenalkan pada angkatan baru tentang keluarga besar S1 Teknik Elektro UPI yang menamakan dirinya T.E.U.A.S, merupakan kependakan dari Teknik Elektro Unity and Solidarity.

T.E.U.A.S ini mulai diperkenalkan saat Makrab tahun 2013 lalu yang sebagai panitianya adalah angkatan 2011. Nama TEUAS dicetuskan oleh Iqbal Dinoer Aditama yang saat itu sebagai ketua Makrab 2013. Entah atas dasar pertimbangan apa saudara Iqbal ini dipilih oleh teman-teman 2011 sebagai ketua Makrab tahun 2013, hehe. Setelah pemilihan ketua makrab, angkatan 2011 mulai merapatkan tentang tema, tempat, biaya, dan apa saja kegiatan untuk Makrab 2013. Secara tiba-tiba ketua Makrab, Iqbal memposting di group facebook Teknik Elektro 2011 “Salam TEAS”. Susi dengan ketidakmengertiannya  langsung menanggapi apa maksud dari postingan Iqbal. Ini jargon panitia Makrab balas iqbal. Ketika Iqbal bilang S1 Teknik Elektro, kami bilang TEUAS. Kemudian Albar turut berkomentar dalam postingan tersebut, “TEAS atau TEUAS?”. Iqbal membalasnya arti dari TEAS adalah Teknik Elektro Abadi Selamanya. Saya turut mengomentari arti dari TEAS, “asa alay euy”. Iqbal langsung memberikan filosofinya, teuas itu kan keras artinya, jadi mahasiswa teknik elektro tuh pantang mundur, kokoh dan pekerja keras. Iqbal mengganti arti TEAS menjadi Teknik Elektro Unity and Solidarity (TEUAS).




Saat makrab 2013 yang bertempat di Pleasant Hill Lembang, nama TEUAS ini menampakan dirinya ke atas permukaaan melalui sambutan oleh saudara Iqbal selaku ketua Makrab. Salam TEUAS dengan menyilangkan kedua tangan di depan dada mulai diperkenalkan. Filosofi salam TEUAS ini masih belum diketahui, mungkin hanya gerakan reflex saja. Pada Makrab 2013 ini dipilih seorang CEO Teknik Elektro atau yang dulu disebut kepala suku tugasnya mengkoordinir warga Teknik Elektro. Setelah makrab kegiatan selanjutnya adalah kompetisi futsal antar angkatan yang diberi nama TE League. Tiga tahun berturut-turut sejak awal dilaksanakan tahun 2012, 2013, 2014, angkatan 2011 keluar sebagai juara bertahan.

Meskipun tidak secara resmi disahkan, nama TEUAS ini sampai sekarang populer. Grup LINE pun diberi nama T.E.U.A.S. Warga prodi S1 Teknik Elektro UPI sepertinya tidak asing dengan nama T.E.U.A.S dan salamnya.

Alhamdulillah, ikatan alumni TEUAS ini semakin kuat dengan dibentuknya IKA (Ikatan Alumni) S1 Teknik Elektro UPI secara resmi oleh kaprodi baru Bapak Aip Saripudin pada saat Makrab 2015 lalu dan dikukuhkan Yanharudin Zahri sebagai ketua IKA. Alumni TEUAS ini sudah menyebar ke seluruh Indonesia, yang siap berbagi informasi dan ilmunya kepada angkatan muda melalui blog ini, grup media social, ataupun secara langsung.

Teruntuk adik-adik kami, jaga kebersamaan dan kekompakan keluarga ini. Ikatan ini dibangun bukan karena sistem, tapi karena kekeluargaan. Suatu saat kita akan membutuhkan satu sama lain, suatu saat kalian akan butuh kami, selagi masih ada attitude, sopan santun, kami pun akan bersedia membantu.

Salam TEUAS. 


1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus